Saturday, June 22, 2013

Versi-versi iOS


Versi-versi iOS
Apple iOS tidak memiliki nama resmi sampai rilis software iPhone development kit (SDK iPhone) pada tanggal 6 Maret 2008. Sebelum itu, literatur pemasaran Apple hanya menyatakan bahwa iPhone mereka menjalankan versi "OS X", sebuah referensi untuk sistem operasi iOS induk. Namun karena semakin banyak perangkat dari aplle yang menggunakan sistem operasi ini maka diberilah nama iOS. Berikut ini beberapa keterangan dari versi-versi iOS.

iOS versi 1
Pada tanggal 29 Juni 2007, Apple merilis versi pertama yang akan menjadi iOS, bersamaan dengan iPhone pertama. Final seri 1.x rilis adalah 1.1.5.

iOS versi 2
Pada 11 Juli 2008 Aplle rilis iPhone OS 2.0 ke publik, dengan upgrade melalui versi 2.2.1 tersedia.

iOS versi 3
17 Juni 2009 adalah tanggal rilis untuk iPhone OS 3.0. Dan diperbarui versi 3.1.3 pada tanggal 2 Februari 2010. Generasi pertama iPod Touch dan iPhone memiliki iPhone OS 3.1.3. IPad diperkenalkan dengan iPhone OS 3.2, kemudian diperbarui untuk 3.2.2, versi yang dibuat khusus untuk iPad.

iOS versi 4
Pada 21 Juni 2010, iOS 4.0 telah dirilis ke publik dan dibuat tersedia hanya untuk iPod Touch dan iPhone. iOS 4.0 diumumkan untuk memiliki lebih dari 1500 API baru untuk pengembang, dengan fitur multitasking. iPod Touch (generasi 2) dan iPhone 3G memiliki iOS 4.2.1 sebagai versi final . Namun demikian, banyak fitur yang tidak tersedia untuk iPhone 3G atau iPod touch generasi ke-2, seperti multitasking dan latar belakang layar awal. Perkembangan awal iPhone CDMA juga pada versi ini.

iOS versi 5
Pada 6 Juni 2011, Apple merilis iOS 5, Apple TV 4.4 beta dan iOS SDK 5 beta bersama dengan beta iCloud. Pembaruan ini memperkenalkan iMessage chatting antar perangkat yang menjalankan iOS 5, sistem notifikasi baru, Kios langganan, Twitter terintegrasi ke IOS, Pengingat aplikasi, Perangkat tambahan untuk AirPlay, integrasi penuh dengan iCloud dan lebih dari 200 fitur baru. iOS 5.0 mendukung semua model iPad, iPhone 3GS, iPhone 4 GSM & CDMA, dan iPod Touch (3rd & generasi ke-4).
iOS 5 memiliki sangat sedikit bug, menyebabkan ia hanya memiliki tiga tambahan kecil, 5.0.1, 5.1, dan 5.1.1, yang semuanya diberikan sebagai pembaruan perangkat lunak OTA.

iOS versi 6
Versi ini rilis pada tanggal 11 Juni 2012. Pada versi ini diperkenalkan juga aPhone generasi ke 5. Pada iOS 6 ini memiliki beberapa versi tersendiri dari 6.0, 6.0.1, 6.0.2, 6.1, 6.1.1, 6.1.2, 6.1.3, 6.1.4.
Adapun beberapa fitur unggulan dari iOS 6 adalah.
Peningkatan Siri
Aplikasi perintah Siri telah ditingkatkan, termasuk bisa menerima perintah dalam bahasa China dan Korea serta beberapa bahasa lain.
Integrasi Facebook
Di versi iOS5, Twitter telah terintegrasi. Saat ini, giliran Facebook yang muncul di iOS 6. Integrasi ini memungkinkan pengguna Apple bisa terintegrasi dengan kontak Facebook dan notfikasi untuk pesan di Facebook. Untuk menulis status di Facebook pun tidak perlu membuka aplikasi, cukup seperti menulis sms biasa, kemudian klik post.
Telepon
Di bagian depan ponsel, Apple menambahkan fitur baru, seperti bisa langsung membalas SMS tanpa perlu mengetik pesan (quick messages). Ini memudahkan pengguna saat tidak bisa melakukan panggilan kembali.
Face Time
FaceTime adalah suatu aplikasi yang diciptakan untuk pengguna perangkat iOS yang mempunyai fungsi sebagai Video Calling.
Safari
Browser Safari ini telah di-update dengan menambahkan iCloud tabs (meski berbeda tampilan dengan di Chrome). Saat mencoba di model landscape, pengguna bisa membuka browser layar penuh.
Bisa berbagi foto
Untuk berbagi foto, Apple telah memperkenalkan layanan "Share Photo Streams" sejak tahun lalu. Pengguna juga dapat men-tag teman di foto, seperti di layanan foto Facebook, sehingga teman-teman juga akan dapat foto tersebut.
Mail
Untuk pengiriman surat (khususnya email), pengguna iOS 6 sudah bisa menambahkan (attachment) video dan foto.
Passbook
Apple akan membenamkan fitur baru, Passbook. Fitur ini memungkinkan pengguna mendapatkan akses dalam satu tempat, seperti boarding pass, reward card, tiket film dan hal-hal lain yang bisa dilakukan dengan barcode ponsel.
Guided Access
Fitur ini memungkinkan pengguna untuk selektif menonaktifkan bagian-bagian tertentu saja dari aplikasi atau tombol hardware tertentu. Hal ini dimaksudkan untuk pemakaian perangkat oleh pengguna dengan kebutuhan khusus.
Tinggalkan Google Maps
Apple sudah mulai meninggalkan Google Maps dan akan fokus mengembangkan fitur Maps secara mandiri.
Lost Mode
Memungkinkan pengguna untuk mengirimkan nomor telepon ke perangkat yang hilang. Siapun yang menemukan perangkat tersebut, bisa langsung menelpon balik nomor tersebut (itupun jika yang menemukan perangkat adalah orang baik dan bermaksud mengembalikan perangkat yang ditemukannya).
Fitur khusus China
Khusus pasar China, Apple akan secara spesial menambahkan integrasi Baidu, Sina Weibo, Tudou dan Youku (situs jejaring sosial terbesar di China).

iOS versi 7
iOS versi ini rilis pada tanggal 7 Juni 2013. Merupankan versi yang terbaru dan memiliki banyak kengunggulan dari versi-versi sebelumnya.
Tampilan baru di iOS 7 meliputi desain ikon dengan warna baru yang terkesan datar, jenis huruf ramping, tampilan slide to unlock yang baru (dari bawah), begitu juga dengan panel sistem kontrol dan pusat notifikasinya.
Dengan ini, ikon menu kalender, telepon, pesan, Game Center, dibuat lebih bersih. Bar untuk menandakan kekuatan sinyal seluler diganti dengan serangkaian titik-titik.
Apple juga memberi akses cepat ke beberapa fitur dan fungsi yang umum digunakan, seperti pengaturan Wi-Fi, Bluetooth, kecerahan, modus penerbangan, dan lain-lain.
Tampilan aplikasi kamera juga mengalami pembaruan tampilan, serta ada pilihan filter foto. Apple juga memperbarui aplikasi pemantau harga saham dan cuaca.
Selain itu, aplikasi browser Safari ditingkatkan fiturnya agar lebih nyaman dalam berselancar internet, seperti navigasi berbasis gestur. Kolom pencarian di Safari telah hilang. Kini, Anda dapat melakukan pencarian konten internet langsung dari kolom alamat web.

1 comments:

LOVELYZ TRILOGY said...

postingan yang menarik min, makasih banyak sudah sharing
https://cody.id/produk/power-supply/power-supply-cody-3005dt/ ini benar-benar bermanfaat

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management