Sunday, June 10, 2012

Sistem Operasi Pada Smartphone

Sistem Operasi Pada Smartphone - Begitu banyak smartphone yang beredar saat ini, dan tentunya setiap smartphone pasti memiliki yang namanya OS atau sistem operasi didalamnya. Karena salah satu ciri smartphone adalah memiliki OS. Dan berikut saya berikan beberapa sistem operasi yang biasa digunakan dalam smartphone.

1. Android
Berbasis linux dan open source pastinya. Paling banyak digunakan pada smartphone untuk saat ini. Android adalah salah satu produk dari google.

2. BlackBerry OS
BlackBerry OS, dikembangkan oleh Reseach in Motion (RIM), untuk BlackBerry, perusahaan telekomunikasi asal Kanada ini. Diawal kemunculannya BlackBerry booming dengan layanan push-email dan sebagai smartphone yang sukses dipasaran.

3. iOS
iOS adalah sistem operasi mobile milik Apple yang dikembangkan dan hanya diaplikasikan untuk perangkat Apple Inc seperti iPhone, iPod Touch, iPad dan Apple TV. Salah satu OS paling laris saat ini, tapi untuk harga jualnya memang masih sangat tinggi.

4. Symbian OS
Adalah salah satu kunci sukses dari Nokia. Karena pada masa kejayaannya hampir semua smartphone nokia menggunakan OS ini. Tapi untuk saat ini Symbian OS mulai ditinggalkan karena dinilai kurang adanya pengembangan. Bahkan Nokia sendiri sudah meninggalkannya dan memilih menggunakan OS lainnya.

5. Windows Mobile
Salah satu OS yang diproduksi oleh microsoft. Yang sekarang juga mulai digunakan untuk smartphone keluaran Nokia. Namun semenjak keluar pertama OS ini belum pernah menguasai pasaran. Tidak seperti android yang baru keluar namun langsung dapat mengambil hati para penggunannya.

Sebenarnya masih ada beberapa OS smartphone yang beredar dipasaran saat ini. Namun yang paling banyak digunakan adalah yang saya sebutkan diatas.
Kalau ingin tahu tentang OS smartphone lainnya dapat dicari di google, seperti bada, palm OS dll.

1 comments:

Sistem Operasi said...

Makasih gan informasinya :)

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management